FKIP dan FAI Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) Berkolaborasi Selenggarakan 1st International Conference on Education (ICEdu)

Rabu, 28 September 2022 10:30 WIB

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) dan Fakultas Agama Islam (FAI) Universitas Muhammadiyah Malang berkolaborasi menyelenggarakan International Conference on Education (ICEdu) dilaksanakan secara virtual melalui platfrom zoom maupun live streaming youtube Rabu (28/09/2022). Dan dihadiri peneliti, pakar dan prsktisi akademis, pemerintah, LSM untuk berdiskusi bersama.

Wakil Rektor I Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), Syamsul Arifin membuka konferensi ini. Beliau menegaskan bahwa pendidikan bukan hanya sekedar untuk menukar ilmu saja, melainkan dalam konsep tarbiyah kegiatan pendidikan tidak hanya mencangkup hakl yang sederhana akan tatapi, mencangkup kegiatan pendidikan lebih mendalam. Ubtuk itu mengedepankan karakter salah satu dari pendidikan yang mendalam.

Te-Sheng Chang salah satu profesor Unversitas Dong Hwa, Taiwan. Beliau membicarakan topik terkait pengembangan profesionalisme dosen menjadi komponen penting  dalam pendidikan tinggi. Pengembangan Dosen  telah mengalami sebanyak lima fase dalam empat dekade terakhir di tahun 1950-an sampai 1990-an. Lima Fase ini antara lain sarjana berfokus pada keterampilan penelitian dan produktivitas,pengajar berfokus pada pengembangan keterampilan pengajar, selanjutnya pengajar berfokus pada pengajaran dan penelitian yang bersifat fakultas sentris, dan yang terakhir pengajar berfokus pada perubahan paradigma dari mrngajar hingga menjadi belajar.

Pendapat Te-Sheng Chang terkait pembelajaran berbasis masalah berorientasi proyek penting unruk diterapkan. Pembelajaran ini selain memacu kreativitas mahasiswa dsain ini juga meningkatkan profesionalisme pengajar di universitas. Untuk itu kurikulum perlu dikembangkan kembali dengan menggabungkan ketiga konsep ini, antara lain dsain partisipatif, komunikasi visual, dan pemikiran yang visioner.

Selain Profesor Te-Sheng Chang sebagai Narasumber pada acara ini terdapat Narasumber lain yang sudah diundang diantaranya ada Profesor Ribut Wahyu Eriyanti dan Assoc. Berikutnya, Dennis Alonzo profesor dari University of new South Wales Australia. Selanjutnya Profesor dari University of California Riverside, Muhammad Ali, dan profesor Tobroni serta Profesor Dri Priyo Utomo dari Universitas Muhammadiyah Malang.

Terdapat beberapa Profesor yang Hebat yang diundang pada acara ini tentu menunaikan berbagai keuntungan yang didapat, selain itu bisa bertukar pikiran serta gagasan yang didapat. Harapan kedepannya, semoga tahun depan ICEdu dapat diselenggarakan kembali.

Shared: