Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah Jurnal Nasional Terakreditasi Tahun 2020

Senin, 17 Februari 2020 09:49 WIB

 

Selasa, 16 Februari 2020-, Mengingat pentingnya peran publikasi, Lembaga Pengembangan Publikasi Ilmiah (LPPI) Universitas Muhammadiyah Malang kembali melakukan upaya terhadap peningkatan kualitas dan kuantitas hasil publikasi ilmiah karena mengingat bahwa publikasi ilmiah merupakan salah satu bagian dari aspek penilaian mutu dan peningkatan terhadap akreditasi perguruan tinggi. Oleh karena itu, kegiatan pelatihan dan pendampingan penulisan karya ilmiah ini dipandang sebagai bagian dari strategi untuk meningkatkan kemampuan dan keterampilan dosen dalam menghasilkan karya ilmiah yang bereputasi. 


Kegiatan yang berlangsung selama ±8 jam ini, dibuka secara langsung oleh Wakil Rektor I Universitas Muhammadiyah Malang Prof. Dr. Syamsul Arifin, M.Si, dan diisi dengan narasumber internal yaitu Dr. Fardini Sabilah, M.Pd., Dana Marsetya Utama, S.T.,M.T., serta Salahudin, S.IP., M.Si., M.PA, yang membawakan materi mengenai Standart dan Format Artikel Ilmiah, Strategi Pencarian Referensi dan Penyusunan Literature Review, Pengenalan Review Paper dengan Vosviewer dan Wordstat, hingga Pengenalan Analisis Data dengan Nvivo 12 Plus. 


Dari total 50 orang peserta yang meliputi 10 orang Koordinator Tim Naskah Publikasi Ilmiah dari masing-masing fakultas, 1 orang anggota Tim Naskah Publikasi Ilmiah dari 39 program studi dan 1 panitia dari enam International Conference (ICEDUPSHY, ICHSOS, ICON-TINE, ICON-BEAT, INCLAR, ICHMEdH) yang mengikuti kegiatan ini diharapkan bisa memiliki kemampuan dan menghasilkan karya ilmiah, baik untuk para dosen maupun kolaborasi bersama mahasiswa yang nantinya akan mendukung ketercapaian publikasi sesuai dengan standart KEMENRISTEK DIKTI.
 

Shared: