Profil

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Selamat datang di official website Lembaga Pengembangan Publikasi Ilmiah, Universitas Muhammadiyah Malang. 

Dalam trend perkembangan pendidikan tinggi saat ini, kualitas sebuah perguruan tinggi dapat dinilai dari peringkat perguruan tinggi tersebut secara nasional maupun internasional. Salah satu komponen utama penilaian pemeringkatan adalah kemampuan staf akademik sebuah perguruan tinggi dalam menghasilkan luaran hasil penelitian berkualitas, yang salah satunya berupa artikel ilmiah yang terpublikasi pada jurnal nasional terakreditasi maupun internasional bereputasi. Peringkat sebuah perguruan tinggi secara otomatis akan terangkat jika mampu menghasilkan publikasi ilmiah yang banyak dan berkualitas baik. BAN-PT maupun lembaga rangking terkenal dunia seperti QS dan THE menggunakan kisaran 30% porsi penilaiannya dari publikasi ilmiah pada jurnal bereputasi yang terindeks Scopus dan Web of Science (ISI Thomson Reuters).

Di samping kemampuan melakukan publikasi pada jurnal ilmiah bereputasi di luar, sebuah perguruan tinggi juga dituntut untuk memiliki kemampuan mengolala Terbitan Berkala Internal (TBI) yang berkualitas. Berupa jurnal-jurnal yang dilahirkan oleh Fakultas, Program Studi maupun Pusat Studi. Ukuran keberhasilan pengelolaan sebuah jurnal adalah ketika mampu terindeks secara nasional (melalui 6 level indeksasi Sinta) dan atau terindeks secara internasional oleh lembaga pengindeks bereputasi seperti Scopus dan Web of Science.

Hal lain yang juga menjadi ukuran kualitas sebuah perguruan tinggi adalah dari tingginya intensitas pengkajian keilmuan, yang tergambar dari banyaknya forum ilmiah berkualitas yang dimiliki dan diikuti oleh staf akademik dan mahasiswa. Forum ilmiah tersebut dapat berupa Seminar, Simposium, Colloquium, dan lain-lain, yang merupakan media pertukaran gagasan dan ekspos hasil pengembangan keilmuan mutakhir pada bidang ilmu serumpun maupun interdisipliner. Forum tersebut berupa yang diselenggarakan sendiri, oleh konsorsium, maupun oleh institusi lain. Forum tersebut berupa pertemuan skala regional, nasional, maupun internasional. Forum internasional tersebut juga dapat dikategorisasi menjadi forum yang prosidingnya terindeks pada pengindeks bereputasi atau bukan.

Namun, dalam perjalanannya justru ketiga hal di atas belum menjadi konsen UMM, khususnya dalam kemampuan publikasi pada jurnal bereputasi. Hal-hal tersebut kemudian menjadi alasan utama mengapa UMM hanya berada pada peringkat 26 nasional berdasarkan penilaian Dikti pada tahun 2016. Staf Akademik UMM hanya mampu menghasilkan sedikit publikasi ilmiah pada jurnal nasional terakreditasi dan internasional bereputasi. Hal ini tentunya tidak sebanding dengan besarnya potensi staf akademik yang ada di UMM dan potensi luaran penelitian yang dapat dihasilkan dari grant penelitian eksternal maupun internal yang diperoleh oleh para staf akademik.

Ketika ketiga hal di atas sudah menjadi konsen dan komitmen Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), maka kuantitas dan kualitas publikasi ilmiah staf akademik UMM akan meningkat signifikan, kualitas TBI akan lebih baik, dan forum-forum ilmiah nasional dan internasional yang dilaksanakan oleh UMM akan lebih berkualitas. Dengan sendirinya ini akan mengangkat potensi UMM untuk sejajar dengan perguruan terbaik lainnya di negeri ini. Hal ini juga akan memperkuat brand UMM sebagai perguruan tinggi swasta nasional yang bereputasi baik dan dapat bersaing secara internasional.

Selamat bergabung dengan Lembaga Pengembangan Publikasi Ilmiah, Universitas Muhammadiyah Malang.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

Ketua LPPI,


Dr. M. Syaifuddin, M.M.