Kerjsama LPPI dengan Instansi/Perguruan Tinggi lain di Tahun 2023

Kamis, 01 Juni 2023 22:00 WIB

Selaras dengan program kerja yang terus berjalan baik di bidang pengembangan publikasi ilmiah, jurnal, dan konferensi internasional, LPPI UMM juga selalu menginisiasi kerjasama dengan institusi atau perguruan tinggi lain. Terdapat beberapa bentuk kerjasama yang telah berjalan dibidang jurnal dan konferensi internasional antara lain sebagai pendamping pengelolaan jurnal, reviewer artikel publikasi, narasumber pelatihan/workshop, dan/atau sebagai co-host. Tepatnya di bulan April dan Mei 2023, setidaknya LPPI telah menerima 3 (tiga) kunjungan kerjasama. Berikut detil kunjungan dari masing-masing institusi:


Pada tanggal 6 April 2023, LPPI menerima kedatangan 4 dosen dari Politeknik Energi dan Mineral Akamigas (PEM AKAMIGAS) Cepu, Jawa Tengan. Kunjungan dosen dari politeknik tersebut diterima dengan baik oleh LPPI UMM. Maksud kunjungan mereka adalah menjalin Kerjasama di bidang konferensi internasional tepatnya memohon LPPI UMM bersedia menjadi co-host dan menerima naskah luaran hasil konferensi untuk diterbitkan di jurnal UMM. Pada prinsipnya LPPI bisa menerima Kerjasama ini, namun masih diperlukan rumusan lebih lanjut terkait kesamaan antara bidang ilmu dan scope jurnal yang dimiliki UMM. Jurnal UMM belum ada yang sesuai dengan bidang kajian energi, mineral, dan migas, namun masih memungkinkan kerjasama tetap ditindaklanjuti kembali dengan melaksanakan kerjasama di bidang pengembangan publikasi ilmiah atau sebagai co-host pada kegiatan konferensi UMM bertajuk ICoSDev UMM.

 

Selanjutnya, pada tanggal 22 Mei 2023, Kunjungan Kerjasama dari Politeknik Penerbangan Surabaya. Sama persis dengan tujuan kerjasama dari PEM AKAMIGAS, kedatangan 4 (empat) dosen dari Politeknik Penerbangan ini adalah untuk menjalin kerjasama di bidang publikasi luaran konferensi internasional mereka yang bisa diterbitkan oleh jurnal-jurnal UMM sesuai dengan topik paper yang dihasilkan. Prinsipnya, kerjasama ini dapat dilanjutkan karena ada beberapa jurnal yang sesuai dengan luaran konferensi Politeknik Penerbangan yaitu bidang Teknik dan Pendidkan Bahasa Inggris. Selain itu, LPPI UMM juga menyanggupi untuk segera melanjutnak kegiatan kerjasama dengan memulai dari penandatanganan MoA dan dilanjutkan dengan kegiatan sebagai co-host, reviewer dan publikasi artikel di jurnal.


Di akhir bulan, tepatnya Tanggal 31 Mei 2023, LPPI menerima kunjungan dari Universitas Muhammadiyah Ponorogo. Sedikit berbeda dengan kunjungan kerjasama sebelumnya, kedatangan delegasi dari Fakultas Ekonomi UMM Ponorogo ini adalah untuk mengimplementasikan program Peningkatan Publikasi Dan Artikel ilmiah Dosen Dalam Pelaksanaan Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka. Pada program ini, UMPon meminta LPPI UMM memfasilitasi kegiatan workshop dan pendampingan penulisan artikel ilmiah bagi para dosen di lingkungan Fakultas Ekonomi UMPon. Prinsipnya, kerjasama ini dapat dilangsungkan dengan diawalinya kegiatan penandatanganan MoA sekaligus workshop yang akan diselenggarakan di bulan Juni/Juli Tahun 2023 nanti.

Semoga jalinan kerjsama dari ketiga instansi tersebut dapat berjalan dengan baik dan saling menguntungkan kedua belah pihak serta membawa kemajuan pada bidang publikasi masing-masing institusi.     

Shared: