Lokakarya Penulisan Artikel Ilmiah

Jum'at, 15 September 2023 04:44 WIB

Tawangmangu- Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Ponorogo (UMPO) melaksanakan workshop berjudul "Lokakarya Penulisan Artikel Ilmiah". Berlokasi di Hotel River Hill Tawangmangu, Kamis, 14 September 2023, workshop tersebut berjalan dengan lancar dan sukses. Peserta kegiatan adalah 35 dosen dari Fakultas Ekonomi UMPO. Workshop ini terselenggara atas Kerjasama antara UMPO dan LPPI Universitas Muhammadiyah Malang.

Dalam sambutannya, Dr. Hadi Sumarsono M.Si., selaku dekan FE UMPO menjelaskan bahwa kegiatan workshop dimaksudkan untuk meningkatkan kualitas karya ilmiah para dosen dan mutu artikel jurnal. Materi workshop dipresentasikan oleh tiga narasumber dari UMM, yakni Ibu Dr. Fardini Sabilah M.Pd yang menyampaikan materi tentang Standar dan Struktur Penulisan Artikel Ilmiah Internasional, Bapak Dr. Thomy Eko Saputro, ST. dengan materi tentang Literature Review, Reference Management System, dan Grammar Checker, dan Bapak Dr. Muhammad Jihadi M.Si. dengan materi Standar Pemaparan hasil dan Pembahasan serta Teknik Analisis Data.

Setelah materi workshop diberikan, sesi berikutnya adalah program pendampingan penulisan artikel atau klinik artikel sebanyak 30 paper dosen FE UMPO yang dilaksanakan secara kelompok dan didampingi oleh tiga narasumber  dari LPPI UMM. Di sesi pendampingan ini peserta secara bergantian memperoleh hasil review dari pendamping dan berkonsultasi tentang perbaikan artikel secara substansi dan gaya penulisannya. Targetnya semua artikel setelah direvisi bisa submit baik di jurnal Nasional terakreditasi maupun di jurnal internasional bereputasi. Di penghujung kegiatan workshop dan klinik artikel, acara diakhiri  dengan penandatanganan MoU antara FE UMPO dengan LPPI UMM.

Shared: