Pelatihan Publikasi Karya Ilmiah

Jum'at, 28 Juli 2023 20:52 WIB

Malang–Unit KSK Bidang 4 UMM mengadakan Pelatihan Publikasi Karya Ilmiah sebagai bagian dari agenda prajabatan dosen muda yang dilaksanakan pada hari Kamis, 27 Juli 2023 di Ballroom GKB 4 Lantai 4 Kampus III UMM. Acara yang dihadiri oleh 58 orang dosen muda ini berjalan dengan sukses.

Dibuka oleh Ibu Dr. Fardini Sabilah, M.Pd yang sekaligus salah satu narasumber yang menyampaikan materi perihal evaluasi diri naskah publikasi hingga menemukan kelayakan state-of-the-art, literature gap, novelty, dan kontribusi. Materi-materi selanjutnya disampaikan bergantian oleh narasumber lainnya antara lain Bapak Gonda Sumitro, Ph.D dengan pembahasan standar penulisan artikel dan teknik penulisan naskah publikasi. Berikutnya, narasumber perwakilan dari Perpustakaan Pusat UMM, Bapak Moh. Zawawi, A.Md.,S.I.Pust dan Ibu Dian Puspitasari, S.AP. Bersama dengan ke-58 peserta, Bapak Zawawi dan Ibu Dian memberika materi hingga praktik langsung mengenai manajemen referensi, mendeley reference manager dan e-resources selama 30 menit.

Kegiatan dilanjutkan setelah agenda ishoma dengan pemaparan materi dari Bapak Ahmad Fauzi, M.Pd mengenai teknik pengumpulan data beserta pengolaha datanya juga analisiS dan deskripsi data. Pemateri terakhir yaitu Bapak Thomy Eko Saputro, Ph.D, membawakan isu yang tidak kalah menarik yaitu format dan struktur review paper serta teknis review paper.

Kegiatan ditutup oleh Ibu Dr. Fardini Sabilah, M.Pd, “Perguruan tinggi selayaknya terus menjaga siklus dalam dirinya untuk selalu meng-upgrade diri baik dalam ranah infrastruktur, percepatan mahasiswa maupun ranah akademik bagi tenaga pengajarnya dalam hal ini dosen. Upgrade pada keahlian, jenjang akademik hingga regenerasi pada tenaga pengajar sangat vital pada tubuh institusi pendidikan tinggi. Sebab, dosen adalah hulu dalam arus berlangsungnya atmosfer akademik di perguruan tinggi.” pungkasnya. Kedepannya proses pendampingan akan terus dilakukan demi mencetak dosen muda yang, kreatif, inovatif, dan berdaya saing tinggi.

Shared: