Workshop Aplikasi Software Parafrase dan Manajemen Sitasi

Kamis, 27 Juli 2023 20:50 WIB

Dalam rangka meningkatkan kemampuan dosen dibidang penulisan artikel ilmiah, LPPI UMM mengadakan kegiatan workshop penulisan artikel yang berjudul Workshop Aplikasi Software Parafrase dan Manajemen Sitasi pada hari Rabu, 26 Juli 2023. Bertempat di Laboratorium Akuntansi, GKB II, Kampus III UMM, diikuti oleh 32 peserta yang kesemuanya adalah dosen dari berbagai program studi.

Warek I, Bapak Prof. Dr. Syamsul Arifin, M.Si membuka kegiatan workshop yang dilanjutkan dengan sambutan singkat oleh Ketua LPPI, Ibu Dr. Fardini Sabilah, M.Pd. dengan pembahasan informasi SCOPUS/Elsevier yang telah accessible untuk seluruh dosen dan mahasiswa UMM serta harapan beliau soal peningkatan kualitas dan kuantitas artikel internasional dosen. Kegiatan ini dimoderatori oleh Bapak Thomy Eko Saputro, Ph.D, sekretaris LPPI.

Narasumber pada workshop kali ini adalah Bapak Ali Roziqin, S.A.P., MPA yang merupakan dosen dari program studi Ilmu Pemerintahan, dan Ibu Dian Palupi Restu Putri, S.T., M.T. dosen program studi Teknik Industri.

Berfokus pada peningkatan keahlian menulis khususnya penggunaan software pendukung paraphrase dan manajemen sitasi, materi yang disampaikan meliputi paraphrasing dan citation tools, teknik paraphrase dan sitasi, hingga praktik langsung bersama kedua narasumber yang dibantu panitia workshop.

Selanjutnya, peserta diberi kesempatan untuk bertanya mengenai materi yang telah disampaikan. Antusiasme terlihat ketika sesi ini berlangsung. Masing-masing narasumber setidaknya mendapatkan 5 pertanyaan dari peserta yang hadir. Dan dalam rangka pemahaman terhadap isu yang ditanyakan, peserta langsung diberikan studi kasus untuk menjawab setiap pertanyaan.

Workshop diakhiri dengan penutupan singkat Ibu Dr. Fardini Sabilah, M.Pd,. “Kegiatan ini bertujuan memfasilitasi dosen dalam meningkatkan kemampuan menulis artikel jurnal yang berkualitas dengan memanfaatkan perangkat digital sebagai alat penunjang. LPPI berharap setelah workshop ini akan datang kabar baik dari Bapak Ibu sekalian.”

Shared: