Workshop dan Konsinyering Persiapan Akreditasi Jurnal Nasional dan Indeksasi Internasional DOAJ Tahun 2024

Selasa, 09 Juli 2024 03:35 WIB

Pada hari Selasa, 9 Juli 2024 berlokasi di Ruang Meeting Rayz Hotel UMM dilaksanakannnya kegiatan Workshop dan Konsinyering Persiapan Akreditasi Jurnal Nasional dan Indeksasi Internasional DOAJ Tahun 2024. Kegiatan dimulai dengan sambutan oleh ketua LPPI, Ibu Dr. Fardini Sabilah, M.Pd. terkait kelangsungan kegiatan yang nantinya akan dibedakan menjadi 2 kelompok, yaitu kelompok 1 yang merupakan jurnal yang sudah terakreditasi dan reakreditasi dan kelompok 2 yang merupakan jurnal yang belum terakreditasi. Kegiatan selanjutnya yaitu penyambutan oleh Wakil Rektor IV yaitu Bapak Muhamad Salis, M.Psi, PhD. yang menyebutkan bahwa “kita tidak boleh berhenti pada kondisi yang ada, terus beruang untuk menjadi lebih baik menuju unggu yang merupakan DNA UMM”. Kegiatan yang dihadiri sebanyak 59 pengelola jurnal, diharapkan persiapan akreditasi 31 jurnal, re-akreditasi 28 jurnal, dan 50 jurnal diharuskan submit DOAJ.

Sesi 1 : Pada awal sesi ini dilakukan pemaparan hasil evaluasi diri akreditasi jurnal TBI oleh tim pendamping dan pembagian kelompok yang sudah dilakukan sesuai arahan MC yaitu Bapak Dr. Thomy Eko Saputro dengan masing-masing pembimbing. Untuk kelompok 1 akan dibimbing oleh Bapak Dr. Husamah, S.Pd., M.Pd. dan kelompok 2 oleh Bapak Sholahuddin Al Fatih, S.H., M.H.

Sesi 2 dan 3 : Pada sesi ini, untuk kelompok 1 dilakukan pendampingan persiapan re-akreditasi dan kerja mandiri. Pada kegiatan ini, Pak Husamah menyampaikan materi terkait ketentuan dalam penulisan jurnal, mendeteksi dan mengevaluasi beberapa kesalahan dan saran perbaikan dari setiap pengelola jurnal dan diharapkan dapat melakukan re-akreditasi. Sedangkan untuk kelompok 2 dilakukan pendampingan persiapan akreditasi dan kerja mandiri. Pada kegiatan ini, Pak Fatih menyampaikan materi terkait terkait ketentuan dari tampilan website jurnal, bagaimana cara menginnput jurnal di arjuna dan mengubah menjadi email arjuna LPPI, mengidentifikasi email di arjuna, dan sinkronisasi data arjuna.

sesi 4 : Pada sesi ini, Bu Dini dan Pak Thomy menyampaikan terkait layak atau tidak layaknya jurnal tersebut untuk diajukan indeksasi berdasarkan hasil konsultasi dengan Pak Husamah dan Pak Fatih. Selanjutnya dilakukan pendampingan persiapan indeksasi DOAJ dan kerja mandiri yang dipandu oleh Pak Nur Adeputra, S.Pd.

Sesi 5 : Pada sesi terakhir ini, dilakukan kegiatan submit pengajuan akreditasi dan re-akreditasi jurnal melalui ARJUNA dan indeksasi DOAJ dengan dibimbing oleh Pak Husamah, Pak Fatih, dan Pak Ade.

Selama kegiatan berlangsung, peserta sangat antusias untuk mengikuti setiap sesi acara, yang ditandai dengan aktifnya pertanyaan-pertanyaan yang diajukan kepaa para narasumber dan pendamping. Diharapkan melalui kegiatan workshop ini, jurnal yang dikelola dapat mempersiapkan akreditasi nasional Sinta dan indeksasi DOAJ dengan baik. Sehingga, kualitas jurnal Universitas Muhammadiyah Malang akan terus berkembang dan mampu meraih akreditasi secara nasional dan terindeks pada pengindeks internasional bereputasi DOAJ.

Shared: