Workshop Evaluasi Pemeringkatan Berbasis SINTA

Sabtu, 03 Februari 2024 21:22 WIB

Pada tanggal 2 Februari 2024, sebuah workshop bertema "Evaluasi Pemeringkatan Berbasis SINTA (Science and Technology Index)" diselenggarakan oleh Lembaga Pengembangan Publikasi Ilmiah Universitas Muhammadiyah Malang bertujuan untuk memberikan pemahaman yang lebih dalam kepada para dosen tentang metrik dan fitur SINTA Versi 3, sebuah platform nasional yang mengukur kualitas dan dampak dari penelitian ilmiah di Indonesia. Acara ini tidak hanya menjadi langkah awal dalam meningkatkan kesadaran akan pentingnya SINTA sebagai indikator dalam pengklasterisasi perguruan tinggi, tetapi juga menjadi titik tolak untuk lebih banyak kolaborasi dan inovasi dalam dunia penelitian di negeri ini.

Workshop dibuka oleh Wakil Rektor I, Bapak Prof. Syamsul Arifin, M.Si yang menjelaskan tujuan dari platform SINTA serta manfaatnya bagi pemeringkatan dan kinerja perguruan tinggi. Para peserta, yang terdiri dari ketua lembaga, program studi, unit, dan dekanat antara lain Lembaga Pengembangan Publikasi Ilmiah,  Direktorat Penelitian & Pengabdian Masyarakat, Hak Kekayaan Intelektual, Kelembagaan SDM dan Kerjasama, Wakil Dekan I bidang akademik sangat antusias dalam memperoleh pemahaman yang lebih mendalam tentang metrik scoring SINTA.

Sesi-sesi dalam workshop mencakup berbagai topik, termasuk cara menggunakan SINTA untuk meningkatkan visibilitas penelitian, meningkatkan kerjasama antarpeneliti, dan mendapatkan akses kepada sumber daya dan dana penelitian. Bapak Imam Much Ibnu Subroto, M.Sc., Ph.D  sebagai narasumber yang merupakan pakar dan founder SINTA, memberikan pandangan yang berharga dan tips praktis kepada para peserta. Dengan semangat yang tinggi dan pengetahuan yang lebih mendalam tentang SINTA, para peserta workshop diharapkan memiliki integritas dalam peningkatan skor pada setiap metrik terutama dalam menjalankan riset dan kontribusi mereka dalam pengembangan publikasi ilmiah.

Shared: