Workshop Internasionalisasi Jurnal UMM Menuju Internasional Bereputasi JIB Tahun 2024

Jum'at, 10 Mei 2024 04:40 WIB

 

Pada Hari Jumat tanggal 10 Mei 2024 bertempat di Rayz Hotel UMM, diselenggarakan workshop dengan tema "Internasionalisasi Jurnal UMM menuju Jurnal Internasional Bereputasi (JIB)" yang diselenggarakan oleh LPPI dengan mengahdirkan sebanyak 10 peserta yang terdiri dari editor in chief dan managing editor jurnal UMM yang sudah terakreditasi Sinta 2. Di awal kegiatan acara dipandu oleh Sekertaris Universitas, Prof. Dr. Sidik Sunaryo, SH.,M.Si., M.Hum yang menyampaikan "wejangannya" agar UMM segera menambah jurnalnya yang terindeks internasional dalam rangka mendukung program internasionalisasi universitas. Selanjutnya pada sesi pembukaan ini, Wakil Rektor I, yaitu Prof. Akhsanul In’am, Ph.D. juga menyampaikan sambutannya yang berisikan tentang tujuan dari kegiatan ini yaitu untuk percepatan proses indeksasi jurnal UMM menuju JIB, meningkatkan publikasi dosen dan mempercepat proses internasionalisasi UMM.

Kegiatan workshop ini dilakukan selama 2 hari, yang bertepatan pada hari Sabtu, 11 Mei 2024 dengan lokasi dan peserta yang sama. Agenda pada hari kedua yaitu melakukan proses sumbit Jurnal Bereputasi Internasional (JIB) yang dipandu oleh ketua kegiatan yaitu bapak Salahuddin Al Fatih yang merupakan Chief in Editor dari Jurnal Legality yang sudah terakreditasi Sinta 1 dan tim LPPI selaku pelaksana kegiatan workshop.

Terdapat beberapa kategori agar jurnal dapat memperoleh reputasi Internasional, yaitu kategori Journal Policy, Content, Journal Standing, Publishing Regularity, dan Online Availability. Kategori- kategori tersebut menjadi kriteria yang pendukung apabila jurnal mengajukan indeksasi internasional. Di akhir acara pembukaan  ada sesi tanya jawab di mana para peserta dapat langsung mengajukan pertanyaan kepada Bapak Warek I dan Sekertaris UMM tentang beberapa kendala terkait publikasi Jurnal sehingga para penanya langsung diberikan saran-saran dan Solusi terkait strategi mewujudkan JBI. "Kedepannya, diharapkan publikasi UMM menjadi 'limbah ilmiah" dalam artian menjadi tumpukan barang yang bermanfaat, pungkas Prof. In'am selaku Wakil Rektor I UMM.

Shared: