Workshop Layanan Scopus bagi Dosen prodi dan Mahasiswa S2 serta S3 UMM

Selasa, 04 Juli 2023 03:01 WIB

Malang – Lembaga Pengembangan Publikasi Ilmiah (LPPI) di bawah koordinasi dengan Warek I UMM menyelenggarakan Workshop Layanan Scopus bagi Dosen prodi dan Mahasiswa S2 serta S3 UMM untuk memperkenalkan dan memberi tutorial pemanfaatan SCOPUS/Elsevier dalam menunjang penulisan artikel ilmiah. Kegiatan ini bertempat di Ruang Sidang Senat pada tanggal 3 Juli 2023 Pkl 12.00 sd 17.00 WIB.

Ketua LPPI, Dr. Fardini Sabilah, M.Pd, menyampaikan bahwa pelatihan tersebut bertujuan untuk menunjang dosen dan mahasiswa dalam membuat naskah publikasi dengan keberadaan SCOPUS/Elsevier yang mana UMM sudah berlangganan, termasuk soal mengoperasikannya secara mandiri melalui device masing-masing, baik di lingkungan kampus maupun di luar kampus.

“Penting untuk kita semua memanfaatkan fasilitas yang sudah disediakan oleh kampus sebaik mungkin termasuk adanya SCOPUS/Elsevier. Untuk itu, dengan diselenggarakannya workshop ini dapat menambahkan awareness kita, agar bisa secara maksimal memanfaatkannya dan nantinya akan menunjang artikel publikasi Bpk Ibu dan mahasiswa.” ujar Ibu Fardini dalam sambutannya.

Menghadirkan narasumber Bapak Johan Jang selaku Customer Consultant Elsevier South East Asia yang memaparkan mulai dari sejarah Elsevier hingga tutorial mencari artikel internasional terindeks SCOPUS pada website Elsevier. Tidak hanya itu, beliau juga menjelaskan secara detail tools yang ada pada website serta menjelaskan kepada audience cara mencari topik yang sesuai dengan background pendidikan yang belum banyak dibahas maupun yang sedang trend saat ini.

Workshop Layanan Scopus ini dibuka oleh Warek I, Bapak Prof. Syamsul Arifin, M.Si dan dilanjutkan dengan sambutan singkat dari Ketua LPPI, Ibu Dr. Fardini Sabilah, M.Pd yang didampingi oleh sekretaris LPPI, Bapak Thomy Eko Saputro , Ph.D sebagai moderator acara. Workshop tersebut juga memperoleh antusiasme tinggi dari peserta khususnya mahasiswa. Antusiasme tersebut terlihat dari banyaknya mahasiswa yang bertanya kepada narasumber soal apa-apa saja yang menjadi concern mereka soal website Elsevier selama ini.

Kedepan, Bapak Johan menyampaikan, workshop semacam ini akan lagi dilaksanakan dengan topik yang lebih menarik dan diharapkan dapat membawa kebermanfaatan dan meningkatkan kualitas tulisan dosen dan mahasiswa UMM.

Shared: