Workshop Pengelolaan Jurnal Terakreditasi Sinta dan Terakreditasi Bereputasi Scopus

Selasa, 13 September 2022 10:40 WIB

Lembaga Pengembangan Publikasi Ilmiah Universitas Muhammadiyah Malang (LPPI UMM) menyelenggarakan kegiatan "Workshop Pengelolaan Jurnal  Terakreditasi Sinta dan Terakreditasi Bereputasi Scopus" pada hari Selasa, 13 September 2022 Kegiatan ini dilaksanakan di Kampus III Universitas Muhammadiyah Malang GKB 2 Lantai 5 Laboratorium Manajemen 1. Kegiatan ini bertujuan mempersiapkan aspek substansi 37 Jurnal TBI UMM yang belum terakreditasi agar terakreditasi pada Jurnal Sinta 3 sampai Sinta 6 pada tahun 2022. Maka dari itu dalam rangkaian kegiatan tersebut terdapat penyampaian materi di dalamnya. Target dari kegiatan ini yakni 37 Jurnal TBI UMM memiliki penilaian substansi artikel yang lebih baik dan memenuhi standar substansi jurnal Sinta 3 sampai Sinta 6 pada penilaian akreditasi jurnal tahun 2020. 

Kegiatan Workshop ini dibuka secara resmi oleh Prof. Dr. Syamsul Arifin, M.Si selaku Wakil Rektor I Universitas Muhammadiyah Malang kemudian dilanjutkan dengan sambutan Ibu Dr. Fardini Sabilah, M.Pd selaku Kepala LPPI UMM menyampaikan bahwa Jurnal Terbitan berkala Ilmiah (TBI) Universitas Muhammadiyah Malang terdapat enam puluh sembilan (69) dan tercatat jurnal TBI yang sudah terakreditasi sebanyak tiga puluh tiga (33), sedangkan yang sudah submit di Arjuna sekitar lima belas (15). Terdapat Jurnal Terbitan Berkala Ilmiah (TBI)  yang baru dan belum terakreditasi sebanyak sembilan belas (19). Untuk jurnal yang sudah masuk umur proses submitting sudah dibuka pada bulan September 2022, dan bisa berkonsultasi di Kantor LPPI UMM. Kegiatan Workshop yang diselenggarakan oleh LPPI UMM mengundang sebanyak 3 narasumber yang mahir dalam pengelolaan jurnal Terakreditasi Sinta dan Terakreditasi Bereputasi Scopus. 

Untuk Narasumber Sesi I yaitu Bapak Moch. Rofik., S.Pd., M.Pd  sebagai Editor Jurnal Nasional Terakreditasi Sinta 2. Pada kesempatan kali ini beliau menyampaikan materi terkait Ketentuan Akreditasi Jurnal Nasional, Pengenalan Arjuna, dan Evaluasi Diri dan Detail Komponen Penilaian Manajemen dan Strategi Optimalisasi Penilaian. Selanjutnya Narasumber untuk Sesi II Yaitu ada Bapak Husama, S.Pd., M.Pd. sebagai Editor Jurnal Nasional Terakreditasi Sinta 2. Beliau menyampaikan materi sangat menarik, beliau membicarakan terkait detail Komponen Penilaian Substansi dan Strategi Optimalisasi Penilaian, mereview Aspek Substansi Jurnal dan Perbaikan untuk materi terakhir beliau memaparkan Pengenalan DOAJ. Pada Sesi akhir Narasumbernya adalah Prof. Hadi Nur, Ph.D. sebagai Editor in Chief Malaysian Journal of Fundamental and Applied Science. Beliau merupakan orang hebat yang mahir dibidang jurnal scopus. Maka dari itu untuk kesempatan ini beliau memaparkan materi tentang pengenalan Indeksasi Scopus dan kriteria penilaian, beliau juga memberikan strategi supaya jurnal bapak/ibu dosen bisa menembus jurnal scopus, serta memberikan saran terhadap salah satu website jurnal yang dipegang bapak/ibu dosen bagaimana desain jurnal yang mudah, elegan dan praktis.

Dengan adanya workshop yang diselenggarakan oleh LPPI UMM diharapkan dapat memberikan bekal dan pengetahuan yang baik bagi Bapak/ibu dosen peserta workshop dalam melakukan pengelolaan jurnal  terakreditasi Sinta dan Terakreditasi Bereputasi Scopus dengan baik.

 

Shared: