Workshop Pengelolaan OJS 3

Kamis, 11 Mei 2023 03:13 WIB

Lembaga Pengembangan Publikasi Ilmiah (LPPI) menyelenggarakan workshop bertajuk “Workshop Pengelolaan OJS 3”. Acara ini berlangsung selama 1 (satu) hari pada tanggal 9 Mei 2023 bertempat di Ruang Sidang FPP Universitas Muhammadiyah Malang. Sejumlah 32 pengelola jurnal TBI UMM yang belum terakreditasi menjadi peserta dalam workshop tersebut.

Dengan diadakannya workshop mengenai manajemen dan teknis pengelolaan OJS ini, LPPI telah memberikan akses pengetahuan atas tata cara penggunaan dan penyelesaian masalah pada pengelola jurnal. Diharapkan seluruh peserta dapat mengimplementasikan ilmu baru tersebut dengan menerapkan apa yang sudah diinformasikan dan diajarkan. Salah satunya adalah pelatihan kepada pengelola jurnal soal bagaimana cara mencapai jurnal terakreditasi dan tutorial penyusunan artikel jurnal dengan aplikasi pembantu serta shortcut-shortcut device demi mempermudah manajemen dan penulisan jurnal.

Kegiatan dibuka oleh Wakil Rektor I, Prof. Dr. Syamsul Arifin, M.Sin dilanjutkan dengan sambutan dari Ibu Dr. Fardini Sabilah, M.Pd., selaku ketua LPPI, dan dipandu oleh Bapak Thomy Eko Saputro, Ph.D., sekretaris LPPI. Dengan narasumber pengelola jurnal Sinta 2, Dana Marsetiya Utama, S.T., M.T. dan Firda Ayu Amalia, SE., Ak., M.SA. Dalam paparannya, Bapak Dana Marsetiya Utama, S.T., M.T. menjelaskan teknis-teknis penulisan jurnal dengan memaksimalkan aplikasi penunjang dan shortcut device, sedangkan Ibu Firda Ayu Amalia, SE., Ak., M.SA. melakukan pembinaan sebagai upaya peningkatan kualitas jurnal dan memotivasi pengelola agar terus semangat hingga ke-31 jurnal dapat terakreditasi.

Workshop ini diselenggarakan mengingat masih banyak jurnal TBI UMM yang belum terakreditasi dan diharapkan peserta dapat memiliki bekal keterampilan teknis dalam penyusunan artikel jurnal serta perbaikan manajemen internal.

Shared: