Workshop Pengolahan Data Hasil Penelitian untuk Publikasi Jurnal Internasional Bereputasi Tahun 2024

Selasa, 27 Agustus 2024 03:23 WIB



Pada hari Selasa, 27 Agustus 2024, Lembaga Pengembangan dan Publikasi Ilmiah (LPPI) Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) mengadakan kegiatan Workshop Pengolahan Data Hasil Penelitian untuk Publikasi Jurnal Internasional Bereputasi. Workshop ini dilaksanakan di Ruang Sidang FEB dan dimulai sekitar pukul 08.30 WIB. Kegiatan Workshop yang diikuti oleh 30 dosen dari masing-masing program studi di UMM ini dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan kemampuan para dosen dalam mengolah data penelitian agar dapat mendukung target universitas dalam meningkatkan jumlah publikasi ilmiah terindex scopus. 

Dalam pembukaannya, Ibu Dr. Fardini Sabilah, M.Pd. selaku Kepala LPPI UMM menyampaikan harapannya, "Melalui workshop ini, diharapkan kita dapat meningkatkan jumlah dokumen yang sesuai dengan jumlah yang telah ditargetkan dalam beberapa tahun kedepan." Setelah pembukaan dilanjutkan dengan paparan sosialisasi oleh Kepala Bagian Penelitian, Pengabdian, dan Kerjasama, Dr. Dana Masetiya Utama, S.T., M.T.  terkait ekspansi scope konferensi ICON-TINE UMM Tahun 2024 yang bisa menampung artikel para dosen dari berbagai disiplin ilmu untuk diterbitkan sebagai prosiding terindex scopus melalui penerbit AIP.

Kegiatan Workshop ini dilakukan dalam dua sesi, sesi pertama berfokus pada materi terkait pemanfaatan AI dalam penulisan artikel dan pengolahan data hasil penelitian. Sesi pertama ini disampaikan oleh Bapak Ahmad Fauzi, M.Pd. Bapak Fauzi  menyampaikan bahwa berbagai macam AI dapat membantu peneliti dalam membuat kerangka pikir penelitian, membuat tinjauan literatur, dll dengan lebih efisien melalui penyaringan informasi relevan dari ribuan jurnal dalam waktu singkat. Algoritma berbasis AI juga dapat mengidentifikasi tren penelitian terbaru, memungkinkan peneliti untuk menemukan celah atau area (research gap) yang belum banyak diteliti. Selanjutnya, pada sesi kedua dilakukan kegiatan pendampingan penulisan artikel oleh tim pendamping dan reviewer secara langsung kepada peserta workshop secara kelompok. 
Melalui kegiatan yang merupakan bagian dari komitmen LPPI UMM ini, diharapkan dapat terus mendorong dosen-dosennya dalam berkontribusi pada pengembangan ilmu pengetahuan melalui publikasi di jurnal bereputasi internasional.

Shared: