Workshop Penulisan Artikel Jurnal Nasional Terakreditasi SINTA

Sabtu, 27 Mei 2023 04:02 WIB

Meningkatkan kualitas dan kuantitas publikasi dosen dan mahasiswa UMM merupakan komitmen LPPI UMM.  Salah satu kegiatan untuk mewujudkan komitmen tersebut, LPPI menyelenggarakan “Workshop Penulisan Artikel Jurnal Nasional Terakreditasi SINTA” pada tanggal 25 Mei 2023 di Ballroom GKB 4 Kampus 3 UMM. Workshop ini diselenggarakan sebagai bentuk realisasi visi LPPI yaitu menjadi pusat layanan dan pengembangan publikasi ilmiah UMM. Hal ini ditegaskan kembali oleh Ibu Dr. Fardini Sabilah, M.Pd pada sambutan pembukaan yang menyampaikan harapannya kepada dosen agar aktif menulis jurnal sebagai wujud peningkatan kualitas dosen itu sendiri. Kegiatan ini merupakan forum sharing informasi dan pengalaman terkait penulisan artikel jurnal oleh narasumber yang ahli dibidangnya. Selain itu, workshop ini diharapkan bisa memberikan wawasan bagi dosen UMM dalam meningkatkan kualitas publikasi artikel pada jurnal nasional terakreditasi sesuai dengan standar penulisan

Peserta yang hadir adalah dosen lintas program studi diantaranya dosen dari Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia, Keperawatan, Peternakan, Teknik Industri, Informatika, Teknologi Pangan, PPKn, dan lain lain yang keseluruhannya berjumlah 28 peserta.

Pelatihan yang ditunggu-tunggu dosen ini menghadirkan 4 narasumber yang mengisi 4 sesi pemaparan yaitu narasumber berbagi informasi tentang standar penulisan artikel baik untuk bidang eksakta maupun sosial mulai pendahuluan hingga kesimpulan serta pemanfaatan software untuk reference management dengan menggunakan EndNote dan metode menuliskan hasil dan pembahasan.

Sesi pertama diisi pemaparan oleh Bapak Dr. dr. H. Febri Endra Setyawan, M.Kes,. FISPH., FISCM. Materi paparan berjudul “Standar Penulisan Artikel dan Riset Metodologi: Bidang Eksakta”. Beliau memaparkan materi yang pada intinya berisi teknik penulisan jurnal artikel eksakta yang dapat memperbesar peluang author agar tulisan mereka dapat diterima publisher baik Sinta maupun Scopus. Sedangkan sesi kedua diisi oleh narasumber Bapak Ahmad Fauzi, M.Pd. Pada sesi ini dipaparkan materi dengan topik “Penulisa Artikel Sosial Humaniora”. Bapak Fauzi menjelaskan cara menulis artikel jurnal secara teknis, mulai dari isi, metode, hingga penjelasan lengkap mengenai penelitian kuantitatif dan kualitatif dirumpun humaniora.

Sesi ketiga dilanjutkan oleh Ibu Anggraini Dwi Kurnia, S.Kep., Ns., MNS. dengan judul materi “Standar Pemaparan Hasil dan Pembahasan”. Ibu Kurnia menjelaskan keseluruhan materi dengan sangat detail mulai dari benefit mempublikasi artikel jurnal, hambatan dalam penulisan, tim reviewer, hingga contoh-contoh potential journals yang ditunjukkan kepada peserta. Sesi terakhir menghadirkan narasumber yaitu Sekretaris LPPI, Bapak Thomy Eko Saputro, Ph.D. Penyelenggara sengaja menghadirkan beliau untuk memberikan tutorial pemanfaatan software EndNote yang juga langsung dipraktikkan oleh peserta.

Saat menutup kegiatan, dalam sambutannya, Wakil Rektor 1, Prof. Dr. Syamsul Arifin, M.Si, turut hadir memberikan apresiasi atas terselenggaranya kegiatan ini dengan sukses.

Shared: