Workshop Tata Kelola dan Pemeliharaan Sistem OJS 3 Terbitan Berkala Ilmiah Tahun 2024

Senin, 10 Juni 2024 21:35 WIB

Workshop yang diselenggarakan secara hybrid ini bertempat di Ruang Sidang FEB UMM pada hari Senin, 10 Juni 2024 dan secara daring dengan menggunakan platform Zoom dimana peserta terdiri dari managing editor jurnal UMM. Di awal kegiatan acara dipandu oleh Ketua LPPI, Dr. Fardini Sabilah, M.Pd. yang menyampaikan bahwa OJS UMM dalam kurun waktu 1-2 tahun kebelakang masuk dalam kategori ancaman, sehingga diperlukannya pemeliharaan pada bagian manajemen OJS.

Acara dilanjut dengan penyampaian dari Bapak Dr. Agung Sudjatmoko, MM. selaku ketua IMAJI yang memberikan kata pembuka dan berharap melalui kegiatan ini akan memberikan pengetahuan baru untuk meningkatkan kualitas jurnal. “Penelitian akan menjadi tidak berguna jika tidak dipublikasikan, terutama saat kita menekankan akreditasi dan peringkat. Publikasi memiliki peranan yang sangat penting dan harus diawali dengan penelitian. Untuk meningkatkan jumlah publikasi, kita perlu meningkatkan kualitas jurnal kita.” Merupakan kalimat penyemangat yang diucapak oleh Bapak Muhamad Salis Yuniardi, M.Psi., PhD. selaku Wakil Rektor IV UMM.

Setelah kata sambutan, acara dimulai dengan penyampaian materi pertama oleh Bapak Mochammad Rofik, S.Pd., M.Pd  yang menyampaikan terkait Konfigurasi Profil Jurnal & Website (Tampilan OJS) pada sesi 1 dan pada sesi 2 yaitu tentang Konfigurasi Workflow (Handling dan Publishing Articles) dengan narasumber yang sama. Selanjutnya penyampaian materi oleh narasumber 2 yaitu Bapak Arif Setiawan, S.Pd., M.Pd yang menyampaikan terkait Strategi Pemeliharaan OJS.

Peserta sangat antusias yang ditandai dengan aktifnya pertanyaan yang muncul selama penyampaian materi. Di akhir kegiatan, ditutup dengan harapan melalui kegiatan ini, jurnal UMM dapat meminimalisir hacker dan dapat meningkatkan manajemen OJS dengan melakukan pemeliharaan.

Shared: